Beranda » Blog » Gen vs. Gaya Hidup: Mana yang Lebih Penting bagi Kesehatan?

Diposting pada 12 Juni 2024 oleh admin / Dilihat: 0 kali

Mungkin Anda mengenal seorang perokok yang tidak pernah berolahraga dan hidup bahagia hingga usia lanjut. Atau mungkin Anda membaca tentang seorang pelari maraton pecinta vegetarian yang mengalami serangan jantung di usia paruh baya.

Kisah-kisah seperti ini pasti membuat Anda berpikir: Jika kesehatan Anda hanya ditentukan oleh gen Anda, apa gunanya olahraga dan pola makan sehat? Mengapa tidak melakukan apa yang Anda inginkan saja?

Namun, kata Laura Zimmermann, MD, direktur medis dari Rush University Prevention Center, cerita-cerita ini melekat pada kita karena tidak biasa. Ini adalah contoh dari apa yang oleh para ilmuwan disebut sebagai “outlier”.

Kenyataannya adalah, bagi kebanyakan orang, kebiasaan gaya hidup seperti makan makanan sehat dan berolahraga secara teratur berdampak besar pada masalah kesehatan terkait usia seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, kanker, dan penyakit Alzheimer, kata Zimmermann.

Jadi ini hanya tentang gaya hidup saja? Tidak tepat.

Gen Anda, kata Zimmerman, dapat meningkatkan risiko banyak penyakit. Namun mereka biasanya tidak bekerja sendiri. Dan jarang ada satu gen pun yang menentukan apakah Anda akan terkena suatu penyakit atau tidak. Lebih sering Anda mewarisi beberapa ciri genetik yang menjadikan Anda lebih baik mungkin untuk tertular penyakit, katanya.

Dan bahkan itu tidak tertulis di batu. Artinya, ciri-ciri genetik (predisposisi genetik) ini mungkin tidak memengaruhi Anda sama sekali kecuali dipicu oleh aspek tertentu di sekitar Anda (faktor lingkungan) atau gaya hidup Anda.

“Perubahan epigenetik” ini memengaruhi cara materi genetik, atau DNA, bekerja di dalam tubuh Anda. Perubahan epigenetik terjadi ketika faktor gaya hidup atau lingkungan menyebabkan gen tertentu “aktif” atau “tidak aktif”. Dalam kasus kanker, misalnya, perubahan tersebut mungkin mengaktifkan gen yang memungkinkan sel-sel abnormal tumbuh atau perubahan tersebut bisa saja terjadi mati gen yang akan menekan pertumbuhan mereka.

Lebih rumitnya lagi, setiap gen tidak hanya memiliki satu saklar. Atau bahkan setengah lusin saklar. “Mungkin ada ratusan atau ribuan,” kata John Kelly, MD, MPH, presiden American College of Lifestyle Medicine.

Kompleksitas ini mempersulit para ilmuwan untuk mengetahui penyebab pasti dari perubahan epigenetik dan bagaimana hal itu meningkatkan risiko penyakit tertentu. Namun para ahli yakin bahwa faktor gaya hidup termasuk pola makan yang buruk, merokok, dan kurang olahraga memainkan peran utama. “Mereka sebenarnya mendorong ekspresi gen ke wilayah negatif,” kata Kelly.

Penyakit ini mempunyai peranan besar dalam apa yang disebut “penyakit penuaan” – seperti diabetes dan penyakit jantung, kata Kelly, sehingga penyakit ini lebih tepat digambarkan sebagai “penyakit gaya hidup beracun seiring berjalannya waktu.”

Misalnya, penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu bagi pria dan wanita di AS. Namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa 80% penyakit jantung dapat dicegah. Mengapa?

“Saya punya rekan yang mengatakan bahwa penyakit jantung koroner adalah penyakit bawaan makanan,” kata Kelly. “Dan dia benar! Bagi sebagian besar orang, hal ini disebabkan oleh makanan dan dapat diatasi dengan makanan.”

Makanan mempengaruhi kesehatan Anda secara langsung melalui nutrisi. Hal ini juga memiliki hubungan tidak langsung melalui faktor risiko penyakit jantung seperti obesitas dan tekanan darah tinggi. Misalnya, ada lebih dari 300 varian genetik yang dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Bahkan dengan gen yang berisiko tinggi, Anda sering kali dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga sepertiganya dengan pola makan sehat dan olahraga teratur. (Anda juga mungkin memerlukan obat untuk menurunkan tekanan darah – tanyakan kepada dokter Anda tentang hal ini.)

Untuk kesehatan jantung yang optimal, para ahli merekomendasikan pola makan nabati. Itu tidak berarti Anda harus menjadi vegan atau bahkan vegetarian, kata Zimmermann. “Tujuannya adalah mengganti beberapa makanan olahan dengan makanan utuh, termasuk buah-buahan dan sayuran.” Carilah biji-bijian utuh, protein tanpa lemak (termasuk kacang-kacangan dan makanan laut), dan periksa kemasan untuk mengetahui tambahan garam dan gula. Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda tidak yakin tentang cara merancang pola makan sehat jantung Anda sendiri.

Untuk berolahraga, para ahli merekomendasikan aktivitas fisik sedang selama 150 menit per minggu. Itu berarti 2 jam 30 menit seminggu – kurang dari 30 menit sehari. Dan Anda tidak harus lari maraton Boston. Berjalan-jalan di sekitar blok, atau sedikit berkebun atau bahkan menari sudah cukup.

Luangkan sedikit waktu ini dan Anda dapat mengurangi risiko sejumlah penyakit, baik Anda memiliki kecenderungan genetik terhadap salah satu penyakit tersebut atau tidak. Namun, kata Zimmermann, kebanyakan orang tidak melakukannya.

Merokok adalah salah satu faktor risiko terbesar penyakit jantung. Dan itu berlaku apakah Anda secara genetik cenderung terkena penyakit jantung atau tidak. Jika Anda merokok, pertimbangkan untuk berhenti, terutama jika Anda menderita penyakit jantung atau Anda berisiko terkena penyakit tersebut.

Dokter Anda juga dapat membantu Anda menemukan program untuk membantu Anda berhenti merokok.

Kebiasaan kesehatan dan lingkungan Anda berinteraksi dengan gen Anda dengan cara yang sama untuk kondisi lain, termasuk diabetes tipe 2, obesitas, tekanan darah tinggi, dan pada tingkat lebih rendah, beberapa jenis kanker.

Diabetes tipe 2 cenderung diturunkan dalam keluarga. Ada beberapa variasi genetik termasuk KLF14, ENPP1, dan banyak lainnya yang meningkatkan risiko terkena diabetes hingga 30%. Namun faktor makanan, termasuk berapa banyak alkohol yang Anda minum, apakah Anda seorang perokok, dan seberapa aktif Anda, berpotensi mempengaruhi keseimbangan, mungkin dengan mengaktifkan atau menonaktifkan gen.

Diperkirakan 9 dari 10 kasus dapat dicegah melalui perubahan gaya hidup sehat.

Program Pencegahan Diabetes yang penting menemukan bahwa orang dapat mengurangi risiko terkena diabetes sekitar 65% dengan pola makan dan rencana olahraga yang cermat dibandingkan dengan hanya 35% dengan obat penurun gula darah metformin.

Tidak ada keraguan bahwa faktor genetik berperan dalam banyak penyakit kanker. Wanita yang memiliki mutasi gen BRCA1 atau BRCA2, atau misalnya, memiliki peluang 45%-72% terkena kanker payudara dalam hidupnya, yang jauh lebih tinggi dari rata-rata. Namun banyak wanita yang tidak diketahui mutasi genetiknya juga terkena kanker payudara.

Mungkin yang lebih penting, terdapat bukti bahwa kebiasaan gaya hidup yang baik dapat membantu menurunkan risiko kanker bagi orang-orang dengan atau tanpa kecenderungan genetik terhadap berbagai jenis kanker.

Meskipun gaya hidup sehat saja tidak akan mencegah semua penyakit kanker, banyak bukti menunjukkan bahwa gaya hidup sehat memainkan peran penting. Sebuah studi yang dipimpin oleh Cancer Research UK menemukan bahwa sekitar 4 dari 10 kanker dapat dicegah dengan pilihan gaya hidup cerdas seperti tidak merokok, menjaga berat badan yang sehat, dan mengonsumsi makanan yang sehat. Pembatasan gula, alkohol, dan waktu di bawah sinar matahari juga dapat membantu.

Memang benar bahwa mutasi tertentu pada gen APOE meningkatkan risiko penyakit Alzheimer. Jika Anda memiliki satu salinan versi yang disebut APOE4, Anda dua hingga tiga kali lebih mungkin mengembangkan kondisi ini dibandingkan rata-rata. Orang yang mewarisi dua salinan mungkin memiliki risiko rata-rata 12 kali lipat.

Namun penyakit Alzheimer mungkin dan bahkan umum terjadi jika Anda tidak memiliki mutasi APOE. Meskipun faktor genetik lain yang belum ditemukan mungkin berperan, penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup merupakan faktor besar. Sebuah meta-analisis dari beberapa penelitian, yang diterbitkan di Neurologi Lancet, menemukan bahwa sekitar sepertiga kasus disebabkan oleh faktor-faktor yang mungkin dapat Anda kendalikan seperti pola makan dan olahraga teratur.

Sekali lagi, penelitian menunjukkan pola makan dan olahraga sangat penting. Meskipun sebagian besar pola makan sehat bisa membantu, pola makan MIND (Mediterranean-DASH Intervention for Neurodegenerative Delay) – yang menekankan makanan penambah otak seperti sayur-sayuran, beri, ikan, dan minyak zaitun – tampaknya merupakan yang terbaik.

Perjalanan para ilmuwan masih panjang untuk mengungkap interaksi kompleks antara gen dan lingkungan Anda. Zimmermann dengan hati-hati menunjukkan bahwa dampak dari faktor-faktor ini bervariasi antar penyakit dan dari orang ke orang. Tidak ada keraguan, katanya, bahwa dalam beberapa kasus, Anda dapat melakukan segalanya dengan benar dan tetap terserang penyakit atau penyakit serius.

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan, kata Zimmermann, adalah mencoba mengubah faktor-faktor yang dapat Anda kendalikan, seperti pola makan, olahraga, pemeriksaan kesehatan rutin, dan mengonsumsi obat sesuai resep.

Gen vs. Gaya Hidup: Mana yang Lebih Penting bagi Kesehatan?

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Iffah
● online
Iffah
● online
Halo, perkenalkan saya Iffah
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja