Beranda » Blog » Bisakah Anda Benar-Benar Mengetahui Apa yang Diharapkan dalam Jangka Panjang?

Diposting pada 10 Juni 2024 oleh admin / Dilihat: 1 kali

Kolitis ulserativa (UC) adalah penyakit jangka panjang yang kemungkinan besar akan Anda alami selama beberapa dekade. Kebanyakan orang mengalami gejala ringan hingga sedang, namun gejalanya tidak dapat diprediksi — gejalanya meluas dan kemudian berkurang. Jadi, apa yang bisa Anda harapkan di masa depan, dan bisakah Anda mengendalikan gejalanya dengan lebih baik?

Bisakah UC Mencapai Remisi?

Kolitis ulserativa adalah apa yang oleh para ahli disebut sebagai penyakit yang kambuh dan sembuh. Ini berarti gejala datang dan pergi seiring berjalannya waktu. Mungkin ada waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun ketika Anda tidak merasakan gejala apa pun.

Tidak ada definisi tunggal tentang apa artinya remisi dengan UC. Dokter Anda mungkin mengatakan bahwa ini adalah keseimbangan antara mengelola gejala Anda dan efek samping pengobatan. Namun kualitas hidup yang lebih baik secara keseluruhan mungkin merupakan hal yang paling penting bagi Anda, seperti menikmati kehidupan sosial yang bebas gejala.

Bergantung pada cara mengukurnya, sekitar setengah orang Amerika dengan UC berada dalam remisi, kata Ugo Iroku, MD, ahli gastroenterologi bersertifikat di New York Gastroenterology Associates. Separuh lainnya memiliki gejala yang berkisar dari ringan hingga serius.

Secara umum, ada tiga jenis remisi UC:

• Remisi klinis. Ini adalah jenis remisi paling dasar — tidak ada sakit perut, diare, atau darah di tinja Anda.
  • Remisi endoskopi. Jika Anda bebas gejala dan tidak ada radang usus, Anda mungkin mengalami remisi endoskopi. Dokter Anda akan mencari peradangan selama kolonoskopi, pemeriksaan yang menggunakan kamera kecil yang dipasang pada tabung tipis yang dapat ditekuk.
  • Remisi yang dalam (histologis). Ini adalah tingkat remisi yang paling kuat. Dokter mencari tiga hal: tidak ada gejala, peradangan, atau tanda UC pada tingkat sel di bawah mikroskop.

Apakah Remisi Dalam Berarti Saya Sembuh?

Saat ini, satu-satunya obat untuk UC adalah operasi pengangkatan usus besar dan rektum. Bahkan ketika Anda berada dalam remisi yang dalam, masih ada kemungkinan Anda akan mengalami kambuh di masa depan.

Bebas gejala dalam waktu lama dapat memberi Anda keyakinan palsu bahwa Anda sudah sembuh total dari UC.

“Itu adalah sifat manusia,” kata Iroku. Dia mengatakan bahwa berada dalam remisi memudahkan Anda menjalani kehidupan sehari-hari dan berhenti mengelola kondisi Anda.

“Saat seseorang berada dalam kondisi remisi yang dalam, terkadang mereka berhenti minum obat. Sayangnya, risiko kambuhnya penyakit Anda meningkat. Itu adalah cerita yang kita lihat sepanjang waktu. Bagusnya, biasanya ada hal yang bisa kita lakukan untuk dicoba dan dibawa [UC] kembali terkendali.”

Dia mengingatkan orang-orang yang hidup dengan UC untuk berbicara dengan dokter mereka sebelum berhenti minum obat.

Apa yang Dapat Saya Harapkan jika Gejala Kembali?

Penting untuk mengetahui tubuh Anda ketika Anda menderita penyakit jangka panjang seperti UC, gejalanya datang dan pergi. Pahami milik Anda dan simpan di radar Anda. Mungkin Anda buang air besar lebih banyak dari biasanya, atau Anda merasa lebih kesakitan. Tanda-tanda lainnya termasuk:

• Diare dengan darah atau nanah
  • Sakit perut dan kram
  • Nyeri atau pendarahan di rektum Anda
  • Keinginan kuat untuk buang air besar
  • Kesulitan buang air besar
  • Penurunan berat badan
  • Kelelahan yang luar biasa
  • Demam

“Ini adalah lampu merah awal yang berkedip di dasbor Anda yang akan membuat Anda segera berkonsultasi dengan dokter,” kata Iroku.

Hal-hal yang memperburuk kondisi Anda – makanan atau obat-obatan tertentu – dapat berubah seiring waktu. Seiring bertambahnya usia, tubuh Anda, termasuk sistem pencernaan Anda, mungkin lebih sensitif terhadap iritasi.

Anda dan dokter Anda juga dapat bekerja sama untuk mencari tahu apakah gejala Anda benar-benar merupakan gejala UC atau tanda dari hal lain, seperti sindrom iritasi usus besar, infeksi, atau efek samping pengobatan.

Salah satu prediktor terbaik terjadinya UC flare di masa depan adalah apakah Anda sedang mengalaminya saat ini. Jika Anda menderita kolitis ulserativa aktif tahun ini, peluang Anda untuk kambuh lagi tahun depan adalah sekitar 70%. Ini juga berarti jika Anda berada dalam remisi hari ini, peluang Anda untuk tetap bebas gejala juga meningkat.

Berhenti merokok, tetap aktif, menurunkan stres, dan menghindari makanan pemicu akan membantu mencegah gejala Anda lebih lama.

Pengobatan yang bekerja dengan baik juga penting untuk mengatasi flare. Remisi yang lama dapat menyulitkan Anda dan dokter untuk mengetahui apakah suatu obat bekerja. Mungkin perlu beberapa saat untuk menemukan satu yang membantu Anda merasa lebih baik. Pastikan untuk mengunjungi dokter Anda secara teratur dan terus mengikuti perkembangan tes, bahkan ketika Anda tidak menunjukkan gejala.

Kredit Foto: grublee / Getty Images

SUMBER:

Ugo Iroku, MD, MHS, ahli gastroenterologi, Pusat Endoskopi Kota New York.

Farmakologi dan Terapi Pencernaan: “Artikel ulasan: mendefinisikan remisi pada kolitis ulserativa.”

Mayo Clinic: “Kolitis Ulseratif.”

Bisakah Anda Benar-Benar Mengetahui Apa yang Diharapkan dalam Jangka Panjang?

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Iffah
● online
Iffah
● online
Halo, perkenalkan saya Iffah
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja